Komponen Pembelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran adalah suatu target yang harus dicapai. Tujuan pembelajaran menggambarkan tingkah laku siswa setelah proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang dikenal dengan ABCD :
A (Audience) = Sasaran/orang (siswa)
B (Behavior) = Tingkah laku yang diharapkan apa (terukur dengan kata kerja operasional)
C (Condition) = bagaimana kondisi/situasi agar siswa bisa mencapai kemampuan, misalnya diskusi, observasi, dan lain-lain
D (Degree) = Tingkatan/batas minimal. Misalnya kita berharap dia sistematis/minimal siswa bisa menyebutkan 3 planet tata surya dengan ''tepat''.
Namun, secara umum tujuan pembelajaran ada 4 yaitu :
1. Sesuai UUD no 20 tahun 2003 (Tujuan Pendidikan Nasional)
2. Tujuan Intisional = Dilihat dari setiap kurikulum
3. Tujuan Kurikulum
4. Tujuan Instruksional
B. Materi Pembelajaran
Tentang Fakta, Konsep, Prinsip dan Praktek yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotor.
C. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran adalah upaya untuk mengimplementasikan materi pelajaran agar dapat dicapai. Metode Pembelajaran bermacam-macam, contohnya :
1. Metode Ceramah (Dengan Lisan)
2. Metode Demonstrasi = Guru memperlihatkan cara melakukan suatu pekerjaan
3. Metode Diskusi
4. Metode Simulasi = Dalam penerapannya dapat memanfaatkan Modul
5. Metode Latihan = Melalui latihan materi yang sudah dipelajari.
D. Media Pembelajaran
Alat dan bahan yang digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Media Pembelajaran meliputi :
1. Media Visual (Penglihatan)
2. Media Audio (Pendengaran)
3. Media AudioVisual, misalnya video, animasi, dll.
4. Media Objek, misalnya Peta, Globe, Tabel periodek dan Media Interaktif seperti dari Aplikasi/website.
E. Evaluasi Pembelajaran
Sumber : Google
Untuk mengukur kemampuan siswa dari pembelajaran sebelumnya, apakah tujuannya tercapai/tidak. Evaluasi Pembelajaran terdiri dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok.
- Berdasarkan Fungsi, meliputi Asesment Formatif, Asesment Sumatif, Asesment Diagnostik dan Evaluasi seleksi dan penempatan.
- Berdasarkan Cara, yaitu Evaluasi Kuantitatif dan Evaluasi Kualitatif
- Berdasarkan Teknik, yaitu Evaluasi tes dan Evaluasi Non Tes