Aplikasi Teori Kontruktivisme dalam Pembelajaran

 Aplikasi Teori Kontruktivisme dalam Pembelajaran

   
Sumber : Pinterest


    Teori Kontruktivisme adalah pandangan teori pendidikan yang menganggap bahwa pembelajaran terjadi melalui proses kontruksi/pembangunan pengetahuan baru dalam pikiran seseorang berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. 

Teori ini memandang bahwa setiap orang membangun pengetahuan dan makna sendiri dari pengalaman yang mereka alami.

Menurut Jerome Brunner pembelajaran terjadi melalui 3 tahap, yaitu penggalian informasi, representasi informasi, dan transendensi.

Aplikasi Teori Kontruktivisme dalam pembelajaran seperti :

 
                     Sumber : Google                                                        Sumber : Google

1. Pendekatan berbasis masalah

Pendekatan ini menempatkan siswa dalam posisi aktif dalam memecahkan masalah atau situasi yang kompleks. Guru sebagai Fasilitator dan pembelajaran melalui diskusi dan refleksi

2. Pembelajaran berbasis proyek

siswa belajar dengan cara yang menantang dan menyenangkan dimana mereka bertanggung jawab atas proyek mereka sendiri, proyek ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, kerjasama dan kreativitas.

3. Pendidikan yang berpusat pada siswa

Guru sebagai fasilitator bertanggungjawab untuk menyediakan lingkungan belajar dan menfasilitasi pembelajaran siswa.

4. Diskusi Kelompok

Memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan berbagi ide dengan teman sekelas. Meningkatkan pemahaman tentang materi pembelajaran dan kemampuan sosial

5. Tugas-tugas terstruktur

Mengharuskan siswa untuk memecahkan masalah dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Tugas terstruktur dapat membantu siswa memahami konsep dengan kebih bak dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka.

Erna Sri Mardani

Hallooo theree, ini adalah blog aku yang sederhana, semoga banyak atau sedikitnya bisa bermanfaat untuk kamu yaa, saran dan masukan boleh bgtt, tengkyu

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama