Aplikasi Teori Kontruktivisme dalam Pembelajaran
Teori ini memandang bahwa setiap orang membangun pengetahuan dan makna sendiri dari pengalaman yang mereka alami.
Menurut Jerome Brunner pembelajaran terjadi melalui 3 tahap, yaitu penggalian informasi, representasi informasi, dan transendensi.
Aplikasi Teori Kontruktivisme dalam pembelajaran seperti :
1. Pendekatan berbasis masalah
Pendekatan ini menempatkan siswa dalam posisi aktif dalam memecahkan masalah atau situasi yang kompleks. Guru sebagai Fasilitator dan pembelajaran melalui diskusi dan refleksi
2. Pembelajaran berbasis proyek
siswa belajar dengan cara yang menantang dan menyenangkan dimana mereka bertanggung jawab atas proyek mereka sendiri, proyek ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, kerjasama dan kreativitas.
3. Pendidikan yang berpusat pada siswa
Guru sebagai fasilitator bertanggungjawab untuk menyediakan lingkungan belajar dan menfasilitasi pembelajaran siswa.
4. Diskusi Kelompok
Memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan berbagi ide dengan teman sekelas. Meningkatkan pemahaman tentang materi pembelajaran dan kemampuan sosial
5. Tugas-tugas terstruktur
Mengharuskan siswa untuk memecahkan masalah dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Tugas terstruktur dapat membantu siswa memahami konsep dengan kebih bak dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka.